Senin, 12 Juni 2017

Manfaat Buah Kurma Kaya Akan Kandungan

Herbal, Manfaat dari kurma diantaranya bebas dari masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain. Kurma juga sangatlah baik untuk menaikkan berat badan. Kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa ahli kesehatan berkata bahwa mengkonsumsi satu buah kurma per hari diperlukan untuk pola makan yang seimbang dan sehat.

Manfaat kesehatan dari kurma telah menjadikan buah ini sebagai bahan baku terbaik untuk perkembangan otot. Orang-orang mengkonsumsi kurma dalam berbagai cara; mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega untuk menjadikannya lebih nikmat. Adonan kurma bermanfaat bagi orang dewasa dan anak-anak, khususnya pada masa pemulihan dari cedera atau sakit.

Kita tentu mengenal kurma sebagai salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa. Tak hanya memiliki rasa yang manis, kurma bisa segera menghilangkan rasa lapar setelah seharian tidak mengkonsumsi makanan dan minuman apapun. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik dimana buah khas Timur Tengah ini ternyata bisa mencegah osteoporosis. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Berdasarkan survey dari pengobatan modern, kurma sudah diakui membantu proses pencegahan kanker abdomen. Banyak orang Muslim berbuka puasa dengan makan kurma dan minum air sesuai dengan tradisi agama mereka. Berbuka puasa dengan makan kurma membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa berakhir. Saat tubuh mulai menyerap nutrisi yang terkandung pada kurma, rasa lapar juga hilang. Dan juga, sistem syaraf dapat terbantu dengan mengkonsumsi kurma, karena sistem syaraf memiliki potassium dalam jumlah yang tinggi.

Kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna yang dapat meregulasi proses pencernaan. Kurma dapat meningkatkan energi dalam waktu 30 menit bagi yang mengkonsumsinya. American Cancer Society merekomendasikan asupan serat 20 hingga 35 gram per hari, yang dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kurma. Mengkonsumsi 1 buah kurma per hari juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata anda seumur hidup. Kurma dikenal cukup efektif melindungi mata dari rabun senja.

Nilai Nutrisi dari Kurma
Kurma merupakan sumber beragam vitamin dan mineral. Kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kurma kaya akan kandungan Sbagai Berikut: 
  1. glukosa,
  2. fruktosa, 
  3. dan sukrosa yang bisa dengan cepat menaikkan kadar gula dalam darah saat berbuka puasa. 
  4. Tak hanya itu, di dalam 100 gram kurma, kita ternyata bisa menemukan 57 miligram kalsium, 55 miligram fosfor, serta 38 miligram magnesium. 
Berbagai nutrisi ini ternyata mampu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang sehingga akan menurunkan resiko terkena osteoporosis, penyakit yang ditandai dengan menurunnya massa tulang sehingga merubah struktur jaringan tulang atau yang kita kenal sebagai pengeroposan tulang.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Nutrition, Food, and Exercise Sciences Department di Florida, Amerika Serikat, kurma ternyata menjadi satu-satunya buah yang mampu memberikan manfaat bagi tulang secara langsung. Dengan mengkonsumsinya, kita bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mengkonsumsi buah apel yang sudah dikeringkan.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kaum hawa yang sudah mencapai fase menopause untuk rutin mengkonsumsi kurma karena diyakini akan membuat mereka mencegah osteoporosis dengan lebih baik. Sebagai informasi, kaum hawa dewasa memang lebih beresiko terkena masalah kesehatan ini. Untuk mencegah masalah kesehatan tersebut, kita hanya perlu mengkonsumsi 3 hingga 6 butir kurma saja setiap hari. Tak hanya itu, ada baiknya kita juga menerapkan gaya hidup sehat layaknya mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, minum susu, dan rutin berolahraga agar tidak mudah terkena osteoporosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up